Foto saat Kepala Imigrasi kelas III Non TPI Kotamobagu dan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bolmut melakukan sidak
Foto saat Kepala Imigrasi kelas III Non TPI Kotamobagu dan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bolmut melakukan sidak

Sidak Pertambangan di Bolmut, Imigrasi Kotamobagu Temukan 1 WNA

CoverMongondow, Nasional – Pihak Imigrasi Kotamobagu, melakukan sidak ke salah satu pertambangan yang ada di Kabupaten Bolmut dan berhasil menemukan adanya satu Warga Negara Asing (WNA) di lokasi tersebut.

Sidak yang dilakukan pada Jumat (19/07/19) kemarin ini, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Joni Rumagit SH, bersama dengan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bolmut.

Dimana dalam Timpora yang turun tersebut, terdapat perwakilan dari Polres Kotamobagu, Kodim 1303 BM, BNNK, para Camat serta beberapa Instansi yang tergabung dalam tim tersebut.

Setibanya dilokasi yang terletak di perkebunan Desa Paku, Kecamatan Bolangitang Barat. Tim langsung berkoordinasi dengan penangung jawab dari pihak pengelola GSM anak perusahaan J Resources Group.

Saat diperiksa perijinan lokasi tersebut lengkap secara administrasi dan terdaftar di instansi terkait Bolmut. Bahkan salah satu WNA yang tidak lain adalah, operator Helikopter langsung menunjukkan surat-surat yang dimiliki.

“WNA paspornya ada dan ijinnya lengkap. Begitu juga dengan perusahaan, jadi ini legal dan terdaftar. Namun tetap akan kita awasi bersama. Semoga kegiatannya sesuai dengan ijin yang ada. Mereka legal dan resmi,” kata Kepala Kantor Imigrasi Joni Rumagit.

Diketahui, sebelumnya pada Kamis (18/07/19) Imigrasi Kotamobagu menggelar rapat Timpora dan dirangkaikan dengan pengukuhan Timpora tingkat Kecamatan se Kabupaten Bolmut, yang dibuka langsung Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena serta dihadiri oleh Kabid Inteldakim Kanwilkumham Sulut Muhamad Irham Anwar SH.

Dimana dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan, Koordinasi antar instansi terkait dalam pengawasan terhadap orang asing mutlak dilakukan dan semua unsur harus dapat menyamakan persepsi sebagai anggota Timpora.

“Kegiatan ini sangat penting untuk sinergitas dalam mengamankan kebijakan selektif terhadap orang asing yang berada dan berkegiatan di wilayah Indonesia,” ujar Wabup.

Wabup pun mengapresiasi pihak Kantor Imigrasi Kotamobagu, yang terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap orang asing khususnya di Wilayah Bolmut.

Selain itu, Wabup menegaskan jika keberadaan orang asing yang melakukan kegiatan di Indonesia tidak terkecuali di Bolmut perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak.

“Disatu sisi kehadiran orang asing maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan oleh karenanya selectif policy itu perlu,” pungkasnya. (Sfn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *