HEADLINE

Diduga Tak Bayar Hutang Sejak 2021, Oknum Pejabat Publik di Kotamobagu Rugikan Warga

CoverMongondow, Crime – Salah satu warga/masyarakat Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu, merasa sangat dirugikan akibat ulah salah satu oknum pejabat publik dalam lingkup Pemerintahan Kotamobagu. Oknum tersebut diduga belum membayar hutang yang dipinjam dengan mengatasnamakan salah satu kantor kecamatan yang ada di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Dimana hutang tersebut telah dipinjam sejak tahun 2021 dan belum dikembalikan hingga saat ini.

Persoalan ini bermula pada tanggal 15 Januari 2021 salah satu warga berinisial MB mengaku telah meminjamkan uang kepada salah satu pejabat yang memiliki kuasa dalam penggunaan anggaran berinisial GK. Dipinjamkannya uang kepada oknum tersebut bukanlah tanpa alasan, mengingat pinjaman dalam jumlah yang cukup besar tersebut diajukan dengan adanya surat permohonan peminjaman yang secara resmi menggunakan kop surat pemerintah kota kotamobagu terlebih khusus instansi kecamatan dengan adanya persetujuan dengan ditanda tanganinya surat tersebut oleh pimpinan kecamatan tersebut yang pada waktu itu hanya menjabat Plt berinisial NP.

Pinjaman tersebut rencananya akan mereka gunakan untuk kepentingan pemerintahan yaitu pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang mana secara jelas dirincikan dalam surat permohonan yang diajukan.

Hingga saat berita ini dimuat diketahui MB telah memiliki Kuasa Hukum untuk mengambil langkah tegas akibat kelalaian oknum pejabat publik tersebut yang notabenenya sangat merugikan warga masyarakat. Untuk itu, tim kami telah melakukan konfirmasi kepada Kuasa Hukum MB terkait permasalahan ini.

“Kami telah melayangkan Somasi sebanyak 2x kepada Pihak Kecamatan dan Pemerintah Kota Kotamobagu namun hingga berita ini dimuat tidak ada respon yang secara tegas memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada,” kata Aris Binol, S.H., M.H.

Dengan tidak adanya respon tersebut yang berarti sampai saat ini belum ada solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, maka tim kami kembali mempertanyakan langkah hukum seperti apa yang akan diambil oleh Tim Kuasa Hukum MB.

“Hari ini 28 November 2023 kami telah mendaftarkan Surat Kuasa ke PN Kotamobagu, selanjutnya kami akan melayangkan gugatan terhadap Pemerintah Kota Kotamobagu terlebih Khusus Pimpinan Kecamatan yang dimaksud sebagai bentuk langkah tegas untuk menyelesaikan perkara ini,” tegas Prayogi Podomi, S.H.

Dengan didaftarkannya surat kuasa tersebut berarti gugatan akan segera dilayangkan dan tinggal menanti Putusan dari PN Kotamobagu untuk memberikan keadilan bagi warga masyarakat yang dirugikan oleh oknum pejabat publik dalam lingkup pemerintah kota kotamobagu. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *