HEADLINE

Lombone Sebut Walikota Hari Ini Serahkan Bantuan Anak Asuh

CoverMongondow, Kotamobagu – Bantuan beasiswa dari Pemkot Kotamobagu lewat program anak asuh tahap satu akan disalurkan hari ini. Penyaluran secara simbolis akan dilakukan Walikota Kotamobagu Tatong Bara di aula rumah dinasnya pukul 13.00 Wita.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu Rio Lombone mengungkapkan, tahap satu ini sebanyak 2.765 peserta mulai dari siswa SD, SMP dan SMA, serta mahasiswa strata satu (S1) yang akan menerima bantuan.

“Untuk siswa SD hingga SMA sederajat akan menerima bantuan perlengkapan sekolah. Sedangkan mahasiswa setiap tahun dapat bantuan biaya kuliah sebesar Rp3,5 juta. SD hingga SMA kan sudah gratis. Tidak ada biaya. Makannya pemerintah bantu perlengkapan sekolah dan mahasiswa dibantu dana,” kata Lombone, Senin (04/09).

Terkait dengan penyerahan simbolis kepada peserta anak asuh, Rio menjelaskan, sengaja tidak mengundang semua penerima karena berbagai pertimbangan.

“Kapasitas tempat yang tidak bisa menampung ribuan peserta, kemudian terkait jam belajar. Kalau kita undang semua, sebagian harus absen karena beberapa sekolah sudah menerapkan full day school. Jadi kami inisiasi, cukup perwakilan saja. Masing-masing 60 peserta untuk SD, SMP, SMA dan mahasiswa,” ungkapnya.

Program anak asuh ini adalah komitmen Pemkot Kotamobagu memenuhi kebutuhan anggaran untuk pendidikan sebesar 20%.

“Saat kewenangan untuk SMA dan SMK diambil provinsi, anggaran kita untuk  pendidikan tidak lagi capai 20%. Kita dapat solusinya lewat program ini,” katanya. (R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *