Antisipasi Adanya Kejadian Kejahatan di Desa Sia, Pemdes Sia Lakukan Sosialisasi LINMAS ke- Aparatnya

CoverMongondow, Kotamobagu – Untuk mencegah tingkat kekerasan terhadap anak dan kejahatan preanisme di Desanya, Kepla Desa (Sangadi) Pemerintah Desa (Pemdes) Sia, gelar Pelatihan Linmas untuk perangkat desa yakni Aparat Kamtibmas Desa Sia di Kantor Balai Desa, Kamis (24/04) siang tadi.

Herto Balansa selaku Sangadi Sia tidak bosan-bosanya selalu menggelar pelatihan-pelatihan untuk menunjang peingkatan Kapisitas Desa demi kemajuan. Terutama pelatihan Linmas untuk supaya dapat terhindar dari ancaman kejahatan yang akan memperlambat pola pikir masyarakatnya akibat dari tindakan oknum-oknum premanisme yang bisa berdapak buruk bagi penerus bangsa, yakni anak-anak dibawah umur yang masih perlu adanya pedidikan mental dari para perangkat atau aparat Linmas Desa Sia agar supaya Desa Sia dapat maju lebih pesat dan terhidar dari ancaman premanisme.

Dalam pelatihan tersebut, turut juga hadir sebagai pemateri/narasumber, dari pihak TNI yakni, Kepala Seksi (Kasie) Linmas, Dinas SAT-POL PP & TRANTIBUM yakni Masrul Mokoginta.

Sosialisasi Pelatihan Linmas di Desa Sia
Sosialisasi Pelatihan Linmas di Desa Sia

Dalam pelatihan kali ini, ke-tiga narasumber tersebut memberikan materinya, lebih terkonsentrasi pada, bagaimana aparat Linmas untuk mencegah masuknya paham-paham radikalisme yang baru, atau biasa disebut masyarakat sekarang perilaku Jaman Now yang akan menggerus pola pikir masyarakat lama yang lebih mengedepankan mo’oaheran dengan berlandaskan pada motto leluhur yakni Mototompian, Mototabian Bo Mototanoban.

Dalam pelatihan tersebut, Pemerintah Desa Sia melibatkan Aparat Linmas, Masyarakat dan tokoh-tokoh adat dalam pelatihan tersebut. Balansa selaku Kepala Desa Sia menghimbau, agar supaya kepada seluruh peserta, supaya lebih memperhatikan materi-materi pelatihan ini, dan kalau bisa segera dipraktekan di masyarakat umum untuk supaya masyarakat bisa memahami apa dampak dari perubahan jaman dalam konteks kekerasan dan premanisme dalam kehidupan sehari-hari,” Pungkasnya kapada awak media covermongondow.com. (R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *