HEADLINE

Tahun Ini, Pemkab Bolsel Akan Gelar Festival Tulude di Akhir Bulan Januari 2019

CoverMongondow, Bolsel Bupati Bolaang Mongodnow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru menyetbukan, bahwa 31 Januari 2019 akan dilaksanakan festival Tulude yang rencananya akan dipusatkan di Desa Dumagin Kecamatan Pinolosian Timur. Dia menegaskan, agar Dinas Parwisata mulai mempersiapkan untuk hajatan budaya masyarakat Nusa Utara ini.

“Festival Tulude rencana akan dilaksanakan pada 31 Januari,” ujar Bupati Bolsel Iskandar Kamaru di hadapan para ASN saat apel perdana Kamis (03/01/19).

Perhatian pemerintah untuk melestarian adat isitiadat sejumlha etnsi di Bolsel, setiap tahunnya digelar.

Menurut Iskandar, festival Tulude ini sudah masuk kalender pariwisata salah satunya, adalah Festival Tulude.

Iskandar mengatakan, Tulude adalah bentuk tradisi pengucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Di mana sejak delapan tahun lalu Tulude terus dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Bahkan untuk Festival Tulude ini, Bolsel adalah satu – satunya daerah yang menganggarkan lewat APBD.

Pagelaran festival Tulude yang setiap tahun digelar, tidak hanya terjebak pada nuansa seremonial, tapi, ada variasi baru untuk menarik perhatian wisatawan luar daerah.

“Budaya ini harus dipertahankan dan dijaga sehingga menjadi daya tarik tersendiri di Bolsel,” kata dia.

Dengan adanya Festival Tulude ini diharapkan Bolsel bisa lebih dikenal daerah lain. Festival ini membuktikan Bolsel kaya budaya dan terus mempertahankan kearifan lokal di tengah tren kekinian.

Tulude merupakan gelaran acara adat budaya masyarakat Nusa Utara yang menjadi tradisi turun menurun sebagai bentuk acara ucapan syukur yang digelar di setiap tanggal 31 Januari. Tradisi ini biasanya dimulai dengan acara lomba perahu hias, membawa Tamo, makanan khas sejenis kue berbentuk kerucut yang menyerupai tumpeng berlayar ke tengah laut. (tr_01/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *