HEADLINE

Bupati Bolsel Sambut Kedatangan Kadis PPPAD Pemprov Sulut Dalam Kunjungan Penguatan KLA

CoverMongondow, Advertorial – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Haji Iskandar Kamaru menyambut kedatangan  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (PPPAD) Sulawesi Utara (Sulut) dr. Kartika Devi Thanos. Penyambutan tersebut digelar di Kantor Bapelitbangda Bolsel, Selasa, (07/12/21).

Kunjungan dalam rangka penguatan Kabupaten Bolsel sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) itu turut dihadiri Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Ketua TP-PKK Selpian Manoppo dan  sejumlah pejabat teknis di lingkup Pemkab.

Dalam kegiatan itu, Bupati Iskandar menuturkan tentang pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak merupakan bagian dari kewajiban dan tanggungjawab pemerintah daerah

“Melindungi anak adalah kewajiban dan tanggungjawab semua pemangku kepentingan. Di sini lah kita melihat sejauh mana tanggungjawab dan kewajiban semua lini dalam melindungi anak-anak di wilayahnya masing-masing,” ungkap top eksekutif Pemkab Bolsel ini.

Kesempatan yang sama, dr. Kartika Devi Thanos juga menyampaikan indikator KLA mencerminkan implementasi atas lima klaster substantif  konvensi hak anak, yang meliputi Klaster 1, Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak Klaster 2, Pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; Klaster 3, Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan Klaster 4, Pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan Klaster 5, Perlindungan khusus anak.

“KLA adalah sebuah sistem yang dibangun untuk menjamin semua anak terpenuhi hak-haknya dan terlindungi.”

“Implementasi KLA juga tidak bicara satu atau dua tahun tetapi secara menyeluruh dan berkelanjutan serta perlu dievaluasi secara berkala,” pungkasnya. (Kominfo/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *