HEADLINE

Wakil Bupati Hadiri Kegiatan Lokakarya Internalisasi Bersama BPIP RI

CoverMongondow, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid mengikuti kegiatan Lokakarya Internalisasi dan Institusionalisasi Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan di Pemerintahan Daerah yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI), di Hotel Mercure Batavia Jakarta, Rabu (18/10/2023).

“Dijelaskan Pak Deputi bahwa Pancasila merupakan dasar segala hukum serta Pancasila sebagai dasar dalam pembentukan perpu dan kebijakan,” kata Wabup Deddy yang dalam kegiatan tersebut didampingi Kepala Kesbangpol Syukri Van Gobel.

Ditambahkannya, dari paparan tersebut diketahui bahwa regulasi yang ada 70% telah sesuai dengan Pancasila sehingga jika ada rekomendasi regulasi peraturan belum atau tidak sesuai dengan Pancasila maka regulasi tersebut harus direvisi atau dicabut.

“Sosialisasi ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya ketidaksesuaian antara regulasi dengan Pancasila dan saat ini BPIP telah bekerjasama dengan DPR-RI, Kemenkumham, Kemendagri serta Instansi terkait dan juga Pemerintah Daerah,” jelas Deddy.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu, menurut Wabup Deddy, dibuka langsung oleh Kepala BPIP RI Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi MA, PhD yang diwakili Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi Kemas Akhmad Tajuddin SH, MH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *