Wabup Boltim Drs. Ruisdi Gumalangit saat melantik Baznas Periode 2017-2022
Wabup Boltim Drs. Ruisdi Gumalangit saat melantik Baznas Periode 2017-2022

Wabup Lantik Pegurus Baznas Boltim Periode 2017-2022

CoverMongondow, Boltim – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu (07/06) siang tadi, melantik lima orang pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Boltim periode 2017-2022 di gedung aula lantai tiga kantor sekertariat Daerah.

Kelima pegurus Baznas ini memiliki tugas pentig, diantaranya mengkoordinir Zakat di Daerah Boltim dan melaporkannya ke Baznas Provinsi Sulawesi Utara.

Lewat sambutannya Wabup menyampaikan bahwa, “Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian.  Zakat selain dapat membantu beban Pemeritah dalam masalah sosial, secara tidak langsug juga dapat membantu APBN dan APBD.

“Hasil kajian menunjukan bahwa secara umum lahirnya UU No. 23 tahun 2011 tentag pengelolaan zakat sangat berperan dalam pengebangan dan pemberdayaan zakat,” terang Rusdi.

Dijelaskanya, “Terdapat tiga faktor yang mendukug keberhasilan zakat antara lain regulasi, dari Pemeritah sudah cukup banyak dan lengkap dari udang-undang, Peratura Pemerintah, Intruksi Presiden, hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional.

“Disampig regulasi juga faktor motifasi, dimana kami meminta kantor Kemenag untuk menjadi motor penggerak  dari gerakan sadar zakat ini. Yang ketiga adalah, kordinasi yaitu pengurus Baznas adalah, merupakan kordinator pengumpulan Zakat sekaligus pendistribusiannya,” pungkas Papa Keken sapaan akrabnya.

Selain pelantikan kelima pegurus Baznas, kegiatan ini dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan sejumlah MOU antara Pemerintah Boltim, dengan pihak Kemenag Boltim terkait kerja sama dari kedua belah Pihak. (Mul/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *