Tampak foto Walikota Kotamobagu Hadir Dalam Upacara Peringatan Pancasila 1 Juni 2017
Tampak foto Walikota Kotamobagu Hadir Dalam Upacara Peringatan Pancasila 1 Juni 2017

Walikota Sampaikan, Pancasila Adalah Pedoman Hidup Bagi Warga Indonesia

CoverMongondow, Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar upacara memperingati hari lahirnya Pancasila ke-72, Kamis (01/06) pagi tadi, di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu.

Walikota Kotamobagu Tatong Bara mengatakan, momentum ini sangat baik untuk membangkitkan dan meneguhkan rasa nasionalisme, kebhinekaan dan keberagaman.

“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarna. Pancasila merupakan jiwa besar para founding father para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” kata Tatong usai menghadiri upacara.

Menurutnya, berbagai suku dan berbagai perwakilan yang membahas Pancasila yang harus dihormati dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan.

“Saat ini tugas kita adalah untuk membesarkan bangsa Indonesia bukan untuk memperdebatkan hal-hal yang sudah disepakati bersama. Negara kita sekarang butuh solusi-solusi untuk negara Indonesia lebih besar, bermartabat, maju, sehingga masyarakat lebih baik lagi, mendapat keadilan dan kehidupan dengan damai dan tentram,” ujarnya.

Walikota berharap kedepan, generasi penerus bangsa baik pemuda-pemudi di Indonesia khusunya di Kota Kotamobagu untuk belajar sejarah Indonesia sehingga dapat melahirkan gagasan untuk Kota Kotamobagu lebih baik.

Sambutan Presiden RI pada upacara yang dibacakan Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang selaku inspektur upacara, menekankan, bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman dan komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat.

Berbagai upaya terus dilakukan, tidak ada pilihan lain kecuali harus bahu-membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Anak-anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Turut hadir dalam upacara ini Ketua DPRD Kotamobagu Ahmad Sabir, Wakapolres Bolmong Kompol Apri Wibowo, Sekot Kotamobagu Tahlis Gallang serta para kepala SKPD dan jajaran PNS di Lingkup Pemkot Kotamobagu dan unsureTNI/Polri. (R_Th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *