HEADLINE

Pekan Depan Walikota Kotamobagu di Undang Kemenkes & Kemendagri

CoverMongondow, Kotamobagu – Pemkot Kotamobagu kali ini, mendapat undangan langsung sebagai daerah yang menerima penghargaan Kota Sehat, yaitu Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri. Rencananya pemberian penghargaan tersebut akan diterima langsung Walikota Kotamobagu Tatong Bara yang bertempat  sasana bhakti praja Kementrian dalam Negeri Selasa (28/11) pekan depan.

“Rencana Selasa pekan depen penyerahan penghargaan itu,” kata Kadis Kominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar.

Menurut Yani, penghargaan kota sehat mencerminkan prinsip-prinsip aturan tentang pola hidup bersih sehat diterapkan, promotif dan preventif, dan juga masalah kesehatan lingkungannya, seperti sumber air bersih, kawasan tanpa rokok, layanan kesehatan, dan lainnya.

Penghargaan Swasti Saba diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

“Ada sembilan indikator sebuah kota layak mendapatkan kategori sebagai Kota Sehat,” kata mantan Kadis Kesehatan ini.

Terkait dengan penganugerahan tersebut lanjut Yani, Walikota Kotamobagu Tatong Bara menyatakan, penghargaan itu adalah imbas dari pelaksanaan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terus mengalami peningkatan.

Dikatakannya, perilaku hidup sehat harus membudaya di tengah masyarakat. Karena itu, penerapan hidup sehat bukan semata tanggung jawab Dinas Kesehatan, tapi melibatkan lintas SKPD dan stakeholders lainnya. (**/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *