Bupati Boltim Sampaikan LKPJ di Depan Anggota DPRD dan SKPDnya

CoverMongondow, Advertorial – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar paripurna dalam rangka penyampaian rekomendasi atas kinerja Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2017, bertempat di gedung paripurna, selasa (17/04).

Dipimpin Ketua DPRD, Drs Marsaole Mamonto beserta Wakil Ketua I dan II, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh anggota DPR Boltim, Sektaris Dewan (Sekwan), Pryamos SH, Bupati Boltim, Sehan Landjar SH didampingi Wakil Bupati, Drs Rusdi Gumalangit bersama seluruh assiten pemerintahan dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), mewakili Danramil, Kapolsek Urban Kotabunan, para Camat serta Kepala Desa se-Kabupaten setempat.

Berdasarkan keputusan DPRD No 05 tahun 2018, penyampaian LKPJ yang diwakili Samsudin Dama, meliputi beberapa catatan strategis dalam bentuk rekomendasi yang merupakan urusan wajib diantaranya terkait dengan bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pekerjaan umum, bidang lingkungan hidup, bidang ketertiban umum dan linmas, bidang pencatatan sipil.

“Adapun yang menjadi urusan pilihan, menyangkut bidang pertanian dan peternakan, bidang kelautan perikanan, bidang perindustrian dan perdagangan, bidang pariwisata dan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu sebagai fungsi penununjang dalam urusan pemerintahan,” urai Dama.

Lanjut ia mengatakan, dengan demikian dalam hal kerja sama antar daerah, perlu adanya hubungan baik dengan daerah tetangga dalam provinsi maupun luar provinsi sehubungan dengan penyelenggaraan, pembangunan dan kemasyarakatan untuk mempercepat akselerasi pembangunan di Boltim, “Antara lain, minimnya kerja sama dengan pihak ketiga juga berpengaruh pada pengembangan segala aspek, bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Boltim, dengan begitu Pemerintah Daerah (Pemda) lebih banyak menjalin hubungan kerja dengan pihak ketiga,” paparnya.

Ditambahkanya, dalam penyampaian LKPJ ini, DPRD mengharapakan agar kiranya Pemda dapat mempertimbangkan penyampaian catatan strategis untuk di tindak lanjuti sebagaimana bentuk kerja sama antara legislatif dan eksekutif, “DPR juga sangat mengapresiasi segala bentuk perencanaan program pemerintahan dan pembangunan oleh bapak Bupati, Sehan Lanjar dan Wakil Bupati, Drs Rusdi Gumalangit yang sudah berjalan selama masa kepemerintahanya,” tutupnya.

Sementara, Bupati pada sambutanya mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan atas diberikanya kekuatan, rahmat yang tidak terhingga, berkat yang tidak ternilai sebagaimana kita melaksanan tugas fungsisional tugas yang diamanatkan oleh Undang – undang empat lima dan peraturan perundang – undangan yang berlaku, “Dalam meyelenggarakan rapat paripurna penetapan tentang LKPJ melalui beberapa proses tahapan berdasarkan apa yang diatur Undang – undang 23 pasal 31 ayat 3 Pemda wajib menyerahkan LKPJ kepada DPRD untuk dibahas perkomisi menjadi catatan strategis,” ujar Bupati.

“Penyampaian rekomendasi LKPJ melalui catatan perbaikan pemerintahan daerah oleh DPRD yang berisikan saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan, tentunya sebagaimana yang sudah disampaikan berdasarkan undang- undang yang berlaku yang merupakan apresiasi oleh pihak pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih sampai dengan tahun 2017 ini merupakan sinegritas antara eksekutif dan legislatif serta dukungan dari masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Boltim.

“Namun juga disadari, disamping keberhasilan yang telah dicapai, masih terdapat kekurangan serta pengurukan upaya – upaya penindakan pada masa yang akan datang. Oleh karen itu, rekomendasi catatan strategis dari DPRD Boltim, merupakan masukan yang sangat pentin bagi kemajuan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan masyarakat kedepan,” ungkap orang nomor satu itu.

Untuk itu tambah Bupati, dirinya memberikan apresiasi serta ucapan trimakasih yang setinggi – tingginya kepada DPR Boltim yang sudah ikut mengawal jalanya program pemerintahan, “Saya merasa bangga dan terharu dengan sekian poin yang disampaikan oleh DPRD, semuanya menjadi kegelisahan saya selama ini. Akan tetapi saya berterimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Boltim, tentunya catatan – catatan yang disampaikan oleh panitia pelapor akan segera ditubtaskan dan selambatnya tahun akan datang akan direalisasikan sebagaimana mesetinya,” tutup Eyang sapaab akrab Bupati. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *