HEADLINE
Aksi Unjuk Rasa Penambang Bakan di Kantor DPRD Bolmong
Aksi Unjuk Rasa Penambang Bakan di Kantor DPRD Bolmong

Anak-Anak Tak Lagi Sekolah & Susah Cari Makan Selama Ditutup, Penambang Blok Bakan Minta Aktifitas Pertambangan Rakyat Dibuka Lagi, Ini Videonya…

CoverMongondow, Crime – Ratusan pekerja tambang di Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar aksi unjuk rasa damai untuk penuntutan membuka kembali lokasi tambang.

Demo tersebut diawali di kantor Bupati Bolmong dan Kantor DPRD Bolmong. Aksi para pekerja tambang itu meminta agar Pemkab memfasilitas agar lokasi tambang bakan di buka kembali.

Dalam tuntutan, pasca ditutup lokasi tambang mereka sudah tidak memiliki pekerjaan lagi.

“Tambang merupakan lahan untuk menghidupi anak istri kami. Kami meminta pihak Eksecutif dan Legislatife untuk supaya dapat mencari solusi terbaik soal lokasi tambang,” ujar sejumlah pekerja tambang saat lakukan aksi demo tadi, Selasa (24/10/18).

Ando Lobud yang dipercayakan sebagai koordinator aksi/lapangan (Korlap) mengungkapkan, pasca ditutupnya lokasi tambang di Desa Bakan, banyak warga yang kehilangan pekerjaannya.

“Banyak penambang yang mengganggur sudah sebulan ini. Anak-anak mereka sudah mulai banyak yang tak pergi bersekolah lagi, dikarenakan tak ada alagi biaya untuk mereka kasih keanak mereka untuk kesekolah,” Ungkap Lobud.

Lobud juga menyuarakan, Yang lebih parahnya lagi, sudah mulai banyak pekerja tambang yang keluarganya susah mendapatkan makanan akibat mata pencaharian mereka telah ditutup.

Tambang Bakan merupakan sebagai salah satu lokasi mata pencarian bagi mereka. Kendati sudah ada puluhan warga yang tewas tertimbun, namun mereka  tetap bertahan di lokasi untuk beri makan hingga sekolah anak mereka.

Asisten II Pemkab Bolmong Yudha Rantung saat menerima para pendemo belum memberikan kesimpulan, apakah lokasi tersebut dibuka atau tetap ditutup. Dia menegaskan, masih akan melaporkan tuntutan itu kepada Bupati.

Sementara itu, aksi yang dilakukan didepan Kantor DPRD Bolmong, takjuga kunjung diterimah oleh anggota DPRD bolmong karena alasan tidak satupun yang berada di kantor, maka dari itu masa memaksa masuk untuk mencari jika ada anggota yang bersembunyi didalam kantor, namun hasilnya nihil.

Kurang lebih dua jam berorasi di kantor bupati, masa kemudian bergerak menuju ke Kantor DPRD. Namun di sana mereka tidak menemui satupun anggota DPRD di kantor itu. (R_Th)

Berikut Video Aksi Unjuk Rasa Ratusan Penambang Blok Bakan di Kantor Bupati dan DPRD Bolmong:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *