HEADLINE
Aksi Jurnalis di depan kantor KPU Kotamobagu seusai Kunjungan Kapolda Sulut
Aksi Jurnalis di depan kantor KPU Kotamobagu seusai Kunjungan Kapolda Sulut

Astaga…!!! Doorstop Awak Media kepada Kapolda, “Diduga” Ada Upaya Boikot Oleh Kabid Humas Polda Sulut

CoverMongondow, Nasional – Kunjungan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) yang baru, yakni Irjen. Pol. Remigius Sigid Tri Hardjanto di Mapolres Kota Kotamobagu dan KPU Kotamobagu mendapat reaksi ketidaksukaan oleh kelompok Jurnalis yang ada di Bolaang Mongondow Raya.

Aksi tidak sukanya para awak media TV, Cetak dan Online dipicu dari upaya penghadangan oleh Kombes Pol. Ibrahim Tompo selaku Kabid Humas Polda Sulut kepada awak media yang ingin melakukan wawancara Doorstop kepada Kapolda Sulut, Rabu (15/01/19) siang tadi di depan kantor KPU Kotamobagu.

Sukamulia Lobod selaku awak media yang juga tercatat sebagai Ketua Bidang Divisi Hukum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Kotamobagu berang atas tindakan pelanggaran UU 40 tahun 1999 tentang Kebebasan Pers oleh Pihak Polda Sulut dan Polres Kotamobagu yang berupaya untuk mencegat para Awak Media untuk mewawancarai Kapolda Sulut terkait Hukum yang ada di wilyah Hukum Polda Sulut.

“Apa maksud Ibrahim Tompo untuk mencegat kami?. Kami hanya ingin menanyakan ada beberapa kasus yang kami duga mandeg penanganannya di wilayah hukum Polda Sulut,” ungkap Lobud.

Contohnya seperti penanganan kasus pengrusakan bangunan PT. CONCH oleh Bupati Yasti Soepredjo dan para anggota Sat Pol PP nya beberapa tahun lalu, itukan harus ditanya soal kejelasan kasusnya kepada pak kapolda yang baru, karena yang bersangkutanlah (Pak Kapolda_Red) yang harus melanjutkan proses kasus tersebut,” terang Lobud.

“Namun yang kami terimah tadi di lapangan, adalah tindakan yang memangkas kebebasan Pers dalam menggali informasi terkait penanganan Hukum yang transparan di Institusi Kepolisian.

Lebih lanjut Lobud memintakan, Kalau Boleh Pak Jendral Kapolri Tito Karnafian untuk dapat meninjau kembali para penegak hukum di institusi Polri yang berada di wilayah hukum Polda Sulut.

“Kami meminta kepada Kapolri untuk dapat mengevaluasi para pejabat yang ada di Polda Sulut, karena perbuatan mereka hari ini terhadap kami telah mencoreng UU no 40 tahun 1999 tentang Kebebasan Pers,” pungkas Lobud saat melakukan aksi di depan Kantor KPU Kotamobagu seusai dicegat Kabid Humas Polda Sulut kepada sejumlah awak media se- BMR.

Sementara itu, saat awak media CoverMongondow.com berupaya untuk mengkonfirmasi kepada Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo ke no pribadinya 0821-9999-9393 via sms dan telfon langsung takkunjung ada balasan ataupun mengangkat telfon celulernya terkait kejadian tadi. (R_Th)

Aksi yang digelar secara spontan oleh awak media se- BMR di depan Kantor KPU Kotambagu dengan membuat kartu pers nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *