HEADLINE
Documentasi Kominfo Bolsel

Tinjau Lahan Relokasi Masyarakat Terdampak Gunung Ruang, Ini Ucapan Iskandar Kamaru di Depan AHY

CoverMongondow, Advertorial – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Iskandar Kamaru, S.Pt., M.Si bersama Wakil Bupati Hi Deddy Abdul Hamid Dampingi Menteri ATR/BPN RI, Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.AP, dalam rangka peninjauan persiapan lahan relokasi pengungsi terdampak bencana Gunung Ruang Kabupaten Sitaro, Minggu (05/24) siang tadi di Desa Modisi Kecamatan Pinolosian Timur, Bolsel.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pememerintah Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) telah menyiapkan lahan seluas 10 ha yang berlokasi di Desa Modisi Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk nantinya akan dijadikan sebagai tempat relokasi pengungsian Bencana Gunung Ruang.

Bupati Iskandar Kamaru saat menjelaskan letak geografis lahan untuk para masyarakat yang terdampak gunung ruang untuk di relokasi

Dalam kunjungan AHY tersebut, Bupati Bolsel memastikan bahwa status lahan ini clean and clear untuk dijadikan sebagai tempat relokasi. selain itu kondisi geografis lahan yang berada diantara pegunungan dan pesisir pantai menyerupai dengan daerah asal para pengungsi sebelumnya.

“Ini lahan persiapan ini sangat cocok, apaterlebih kita ketahui bahwa, sebagian besar penduduk yang bermukim di Desa Modisi ini, berprofesi sebagai petani dan nelayan, serta masyarakat sebagian yang berdomisili di Kecamatan Pinolosian Timur, sebagian besar juga merupakan suku yang berasal dari Nusa Utara, jadi secara umum ini bisa di bilang cocok untuk dijadikan tempat relokasi bagi saudara-saudara kita yang terdampak musibah gunung Ruang, dan juga perlu dingat, Pemerintah dan Masyarakat Bolsel sangat Menerimah Saudara-saudara Kita tersebut untuk di relokasi di Daerah Kami,” ujar pak Bupati didampingi Wakil Bupati saat melakukan sambutan pemerintah.

Sambutan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yuduyhono saat meninjau Lokasi Lahan Persiapan Relokasi di Bolsel untuk Masyarakat Terdampak Gunuang Ruang Sitaro

Sementara itu Menteri ATR/BPN setelah melihat langsung kondisi lahan dan melakukan tatap muka dengan masyarakat setempat, menyampaikan bahwa kesiapan lahan sudah siap.

“Pada intinya lahan yang disediakan ini sudah siap dan masyarakat yang ada juga bisa menerimah atas kehadiran masyarakat terdampak Erupsi Gunung Ruang untuk direlokasi. Maka dari itu, saya akan segera menindaklanjuti dengan segera dan melakukan koordinasi lintas kementerian lembaga dan melaporkan hal ini kepada presiden, terus akan berjanji dalam waktu dekat bisa segera digunakan untuk relokasi,” pungkas AHY.

Menteri ATR/BPN AHY dan juga rombongan serta Bupati Bolsel Beserta Rombongan saat meninjau Lokasi di Desa Modisi

Hadir mendampingi Menteri ATR/BPN, Kakanwil ATR/BPN Sulut Alexander Wowiling, Stafsus Menteri Bidang Kerjasama Antar Lembaga, Kakantah Bolsel, dan rombongan.

Sementara itu, hadir bersama Bupati dan Wabup, ada dari jajaran Pemerintah Bolsel, yakni Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, S.STP,. M.AP para Asisten dan Pimpinan OPD terkait. (R1/Kominfo)