HEADLINE

Pj. Bupati Bolmong Resmikan RSUD Datoe Binangkang Yang Baru di Lolak

Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Adrianus Nixon Watung, SH Senin (13/02) kemarin meresmikan gedung Rumah Sakit Daerah (RSUD) Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow di Lolak.

Bupati Dalam Sambutannya Menyampaikan selaku pribadi, keluarga dan atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten bolaang mongondow menyampaikan “selamat”, atas selesainya pembangunan gedung rumah sakit umum daerah “datoe binangkang” kabupaten bolaang mongondow.

Saya juga turut mengungkapkan rasa syukur yang mendalam sekaligus kebanggaan dan kebahagiaan, atas telah selesainya pembangunan gedung rumah sakit ini, sehingga masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan yang berkualitas dan memuaskan.

Sejalan dengan amanat pasal 28 h ayat (1), undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, telah ditegaskan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan, yang kemudian dijabarkan lagi dalam pasal 34 ayat (3), dinyatakan bahwa negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan, dan fasilitas pelayanan umum yang layak.

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan, merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya pemingkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk itu, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada seluruh jajaran rumah sakit umum, termasuk kepada kita semua yang hadir saat ini, sebagai berikut :

Pertama :

Pada tanggal 9 februari 2017 lalu, tim visitasi dari dinas kesehatan provinsi sulawesi utara telah meninjau langsung kesiapan rumah sakit umum ini, sehingga saya minta agar manajemen rumah sakit segera menindaklanjuti hasil visitasi tersebut;

Kedua :

Saya minta direktur rumah sakit umum agar segera mengupayakan pelayanan di rumah ini sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya;

Ketiga :

Saya berharap agar fasilitas rumah sakit terutama gedung dan fasilitas lainya yang belum tersedia, dapat agar segera diusulkan pada perubahan apbd tahun anggaran 2017; mengakhiri sambutannya Bupati Bolmong berharap  kepada direktur dan jajaran rumah sakit umum, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi, atas upaya kerja keras yang telah memindahkan lokasi rumah sakit ini dari kotamobagu ke lolak.

Saya juga berpesan khususnya kepada para petugas rumah sakit, baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya, agar terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sikap yang ramah, tulus dan ikhlas, karena tuntutan serta tugas yang saudara-saudara emban, memang membutuhkan pendekatan psikologis pasien, sehingga pasien bisa nyaman dalam menjalani perawatan, hingga akhirnya cepat sembuh. Demikian pula, kepada pengelola rumah sakit umum ini serta masyarakat di kabupaten bolaang mongondow pada umumnya, Kiranya senantiasa menjaga dan memelihara sarana dan prasarana rumah sakit ini dengan sebaik-baiknya, terutama menjaga kebersihan, agar dapat terus dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan.

Sementara Itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang Bolmong Dr. Sahara Albugis dalam laporanya menyampaikan banyak terimah kasih kepada Bupati Bolaang Mongondow yang telah mensuport mulai dari perpindahan rumah sakit sampai pada peresmian gedung yang hari ini resmi melakukan operasional ditengah keterbatasan anggaran.

Sahara mengatakan saat ini operasional di RSUD meliputi administrasi perkantoran, Laboratorium, ruang operasi, apotik, serta ruang rawat jalan, unit Gawat Darurat, tutupnya. usai peresmian dilanjutkan dengan Doa syukuran Bersama dipimpin oleh Hi. Dani Pontoh, M.Hi.

Turut Hadir Dalam Kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Drs. Ashari Sugeha, Kepala Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Utara Dr. Debie Kalalo, Wakil Ketua DPRD Abd. Kadir Mangkat, Para Asisten dan Pimpinan Perangkat Daerah serta seluruh jajaran Petugas Kesehatan Rumah Sakit Lingkup Pemkab Bolmong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *