HEADLINE
Saat Tim Forkornas yang di pimpin langsung oleh Bupati Boltim Sehan S. Landjar, SH berkunjung ke Kantor DPD RI
Saat Tim Forkornas yang di pimpin langsung oleh Bupati Boltim Sehan S. Landjar, SH berkunjung ke Kantor DPD RI

Landjar: DPD RI Dukug Penuh Langkah Forkonas PPCDOB

CoverMongondow, Boltim – Delegasi Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Calon Daerah Otonom Baru (Forkonas PPCDOB), Senin (05/06) pukul 14:00 WIB yang digelar di gedung ke kantor Dewan Perwakilan Daerah Republik Indoesia (DPD RI) berjalan mulus.

Rapat yang dipimpin lagsung oleh Ketua Umum Forkonas PPCDOB Sehan S. Landjar, SH dan dihadiri oleh sejumlah delegasi ini, diterima langsung oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang diruang kerjanya.

Pada pertemuan ini ketua DPD RI yang didampingi oleh Ketua Komite I bapak Mukom, dan Wakil Ketua bapak Benni Rhamdani. Sedagkan anggota Delegasi yang datang sejumlah 34 orang dari perwakilan 34 Provinsi se- Indoesia.

Meurut ketua DPD RI, “Pemekaran daerah adalah salah satu cara untuk memajukan pembangunan di daerah itu tentunya. Namun jika ada daerah yang dimekarkan dan tidak ada yang maju, malahan mejadi miskin sudah tentu akan dikembalikan ke daerah induk/asalnya. Jadi tidak ada alasan pemeritah untuk tidak menyetujui usulan pemekaran.

Kalau sudah memenuhi persyaratan sesuai aturan maka pemerintah harus menyetujuinya. Tidak boleh lagi ada alasan anggaran dan sebagainya, karena UU No. 23 tahun 2014 tentang PEMDA sudah jelas, bahwa pembiayaan CDOB masih mengikat kepada daerah induk, jadi tidak akan mengganggu fiskal atau keuangan negara. Bahkan daerah pemekaran sudah terbantukan dengan dana desa,” Tegasnya.

Disisi lain, ketua Forkonas PP CDOB Sehan S. Landjar, SH mengatakan, “Kedatangan timnya disambut baik dan didukung oleh ketua DPD RI dan anggotanya.

“Alhamdulillah, ketua DPD RI dan anggotanya sangat bersyukur dan suport atas dibentuknya Forkonas PP CDOB ini,” kata Sehan seusai pertemuan tersebut.

Bahkan menurut Bupati Boltim ini mengatakan, “Dengan tegas ketua DPD RI meminta agar forum yang sudah dibentuk segera diformalkan atau dengan kata lain memiliki badan hukum.

“InshaAllah dalam waktu dekat DPD RI akan memfasilitasi Forkonas PP CDOB, dan akan melakukan konsolidasi secara nasional terkait usulan pemekaran. Sedangkan seluruh panitia pemekaran di masing-masing daerah akan diundang. Selain itu, juga akan mengundang Gubernur, Bupati dan Walikota yang masuk dalam usulan pemekaran. Kurang lebih agenda ini bakal menghadirkan enam ribu orang,” tambah Eyang sapaan akrab Sehan Landjar.

Eyang juga menerangkan, “Agenda tersebut rencananya akan dilakukan dua minggu setelah lebaran.

“Kesepakatan agenda ini akan dilakukan dua minggu usai lebaran Idul Fitri. Hal ini sudah sesuai perencanaan dari DPD RI dan Forkonas PP CDOB. Tidak lupa saya dan pengurus Forkonas PP CDOB ucapkan terimakasih kepada ketua DPD RI Bapak Oesman Sapta Odang dan anggota DPD RI Bapak Benni Ramdani yang telah membantu kami dalam perjuangan menuju harapan rakyat di tiap-tiap daerah,” Pungkasnya.

Terinformasi pertemuan dengan DPD RI ini merupakan rencana Forkonas usai pengukuhan akhir pekan lalu. Rencananya Forkonas akan bakal bertemu langsung dengan Presiden untuk menyampaikan program kerjanya. (Mul/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *