HEADLINE

Bupati Bacakan Rancangan Peraturan Daerah di Paripurna

CoverMongondow, Kotamobagu – Dalam rangkaian penyampaian Ranperda tentang pembentukan produk hukum daerah, untuk rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah, retribusi izin gangguan, serta pedoman pemilihan sangadi, menjadi hal penting dalam proses Rapat Paripurna DPRD, agar menjadi rancangan ketetapan yang baru oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur kedepan.

Rapat paripurna yang berlangsung di ruang paripurna DPRD Boltim, Senin (13/11) siang tadi yang dihadiri Bupati Boltim, Sehan S. Lanjar, SH dan Wakil Bupati Drs. Rusdi Gumalangit, dan dipimpin langsung Ketua DPRD Drs. Marsaole Mamonto, beserta angota DPRD dengan jajaran satuan perangkat kerja Daerah se- Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Dalam sambutanya, Bupati Boltim sampaikan bahwa, terkait dengan rancangan peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan merupakan hal pokok dan sangat penting untuk menunjang pembangunan daerah. “Boltim merupakan daerah yang banyak menyimpan pesona serta keindahan alam yang perlu di garap, agar menjadi icon dan devisa yang menunjang perekonomian serta pendapatan bagi masyarakat sekitarnya di daerah,” jelas Bupati.

“Selain itu perubahan atas peraturan daerah nomor 4 tahun 2016 tentang pedoman pemilihan sangadi, yang merupakan perubahan rancangan pemerintah daerah merupakan amanat Mentri Dalam Negeri no. 65 tahun 2017 penganti undang-undang no. 112 tentang pemilihan kepala daerah yang mengamanatkan tentang dua hal yang terkait pengganti antar waktu atau PAW,” terang Bupati.

Di samping itu terkait pencabutan peraturan daerah nomor 10 tahun 2011, tentang retribusi izin gangguan, Bupati mengatakan, “Seperti halnya peraturan daerah sebelumnya dimana bahwa ranperda ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Mentri Dalam Negeri no. 19 tahun 2017, tetang bentuk nilai kesesuaian tentang perizinan yang berlaku,” imbuhnya.

“Dengan adanya proses raperda tersebut, diharapkan terkait silang pendapat hal ini akan menjadi prodak yang bisa memberikan kontribusi serta manfaat yang positif untuk kepentingan dan kemajuan bagi pemerintah serta seluruh masyarakat bolaang mongondow timur yang sama-sama kita cintai,” tutup Bupati. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *