HEADLINE

Cegah PTM yang Mematikan, Desa Bilalang II Latih Kader Pos Pembinaan Teradu (Posbindu)

CoverMongondow, Kotamobagu – Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang dapat membuat si penderitanya miskin karena mahalnya biaya pengobatan bahkan hingga menyebabkan kematian.

Maka, untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Bilalang II, menggelar pelatihan terhadap Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Desa Bilalang II di Aula Balai Desa.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengupgrade kemampuan Penanggungjawab Penanganan oleh para Kader Posbindu, serta wadah sharing pengalaman di wilayah kerja masing-masing untuk dapat kira diaplikasikan nantinya,” kata Pengelola Program Posbindu PTM, Anita F. Rory, Amd. Kep kepada CoverMongondow.com, Kamis (13/12/18).

Dia menjelaskan, kerja utama Kader Posbindu di Desa adalah, dapat menginformasikan terkait penyakit yang masuk daam kategori PTM seperti, diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan kepada kami. Maka, dengan adanya Kader Posbindu diharapkan menjadi salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sepenuhnya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

“Jadi, Posbindu ini bergerak di sektor kesehatan yang bersifat promotif (Penyuluhan) dan preventif (Pencegahan) dalam rangka deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM utama dengan sasaran semua masyarakat usia 15 – 59 tahun, yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik,” ujarnya.

Lanjut dia, adapun faktor terjadinya PTM mulai dari rokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi serta hiperkolesterol.

“Untuk menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan itu, bisa melalui konseling kesehatan dan segera merujuk setiap kasus PTM yang ditemukan ke Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar,” ucapnya.

Lanjutnya, Puskesmas memiliki peranan penting dalam hal pembinaan Kader Posbindu. Tujuan utama kegiatan Kader Posbindu adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM.

Sementara dalam pelatihan tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Desa Bilalang II, Rismaty Goni dan juga hadir sebagai pemateri yakni, Anita F. Rory, Amd. Kep selaku Pengelola Program Posbindu PTM, Sakina Damopolii, S.ST selaku Kepala Puskesmas Bilalang I, danΒ  para kader Posbindu Desa Bilalang II. (tr-01/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *