Gelar Paripurna, DPRD Bolsel Setujui Raperda APBD Tahun 2021

CoverMongondow, Advertorial – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulut, menggelar Rapat Paripurna dalam rangka tahap II atas penetapan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun 2021, Rabu (25/11/20).

Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, dihadiri oleh Pjs Bupati Bolsel Praseno Hadi, para anggota DPRD, Sekertaris Daerah Bolsel, para kepala OPD dan jajaran, Camat, serta Kepala Desa.

Ketua DPRD dikesempatan tersebut mengatakan, dalam mewujudkan manajemen keuangan pemerintah yang baik, maka diperlukan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam proses pengelolaan keuangan daerah. “DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bolsel berpegang pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021,” kata Arifin.

Katanya lagi, setelah persetujuan penetapan Raperda menjadi Perda ini, berkas persetujuan bersama tersebut akan dikirim ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara guna dimintakan keterangan evaluasi.

Pjs Bupati Bolsel sendiri di kegiatan itu menyampaikan, APBD tahun anggaran 2021 diharapkan dapat memberikan banyak pengalaman yang berharga, sekaligus menjadi tantangan untuk bekerja lebih baik lagi dengan motivasi dan semangat bekerja keras yang dilandasi komitmen untuk memberi yang terbaik bagi masyarakat.

“Karena pada dasarnya pemerintah dan anggota DPRD Bolsel adalah pelaksana amanah bagi rakyat. Terkait dengan itu, saya harapkan seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemda Bolsel, agar meningkatkan kinerja yang disertai upaya pengelolaan dan pelaksanaan setiap kegiatan harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” ucap Praseno.

Praseno juga mengingatkan hal itu sebagaimana komitmen Pemda Bolsel untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan pemerintah, yang telah diraih enam tahun terakhir ini.

“Untuk itu diperlukan kesehpahaman antara pihak eksekutif dan legislatif tentang pentingnya upaya melakukan optimalisasi, pemanfaatan dengan baik anggaran yang tersedia,” tandas Pjs Bupati Bolsel.

Untuk diketahui, Ranperda APBD Kabupaten Bolsel Tahun Anggaran 2021 usai ditetapkan dan disetujui oleh seluruh fraksi DPRD, selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian pandangan Tiga Fraksi, yaitu, Restorasi Persatuan Kebangkitan, Gerakan Golkar Nasional, serta Trisakti. (R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *