Pjs Gubernur Sulut DR Drs Agus Fatoni MSi Kunker ke- Bolsel

CoverMongondow, Advertorial Penjabat semenetara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Drs Agus Fatoni MSi didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulut Reymel Jesaja SH MH, Komandan Resor Militer (Danrem) 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, Direktur Bina Masyarakat Polda Sulut Kombel Pol Dumadi, melakukan Kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (26/11/20).

Menggunakan helikopter dan landing di lapangan olah raga Desa Tabilaa, Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni bersama rombongan dijemput oleh Pjs Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) DR Praseno Hadi, MM, Ak, CA dan Sekda Bolsel Marzanzius A Ohy,S.Stp serta Kepala SKPD Bolsel hingga Forkopimda Bolsel.

Tiba di kantor DPRD Bolsel, sebelum masuk ruangan Agus Fatoni dijemput oleh 4 tetua adat yakni tetua adat Bolango, tetua adat Gorontalo, tetua adat Mongondow dan tetua adat Sanger serta Bupati Guhanga Bolsel Hi Herson Mayulu SIP sekaligus Anggota DPR RI dan Ketua DPRD Bolsel Ir Arifin Olii serta Anggota DPRD Bolsel.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Bolsel saya menyampaikan selamat datang di Bolsel kepada pak gubernur,” ucapnya Praseno Hadi.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Praseno hadi memberikan gambaran singkat terkait wilayah hingga keadaan di Pemkab Bolsel. Mulai dari realisasi APBD hingga total pegawai di Pemkab Bolsel.

“Bolsel ada 7 kecamatan 81 desa dengan luas wilayah 1.932 kilometer persegi dengan total masyarakat 71.533 jiwa dengan garis panjang pantai 294 kilo meter,” paparnya.

Dia menambahkan, kondisi masyarakat Bolsel sangat menjunjung tinggi kerukunan, kekeluargaan dan adat istiadat sangat terjaga, sehingga konduksifitas dalam Pilkada Bolsel tidak mempengaruahi sendi-sendi kehidupan masyatakat. Selain itu, penerapan protokol kesehatan secara keseluruhan terus ditingkatkan.

“Meskipun bolsel mendapat musibah bencana alam sekaligus yaitu pandemi covid 19 serta banjir dan tanah longsor, namun pemerintah pusat maupun propinsi selalu memberikan bantuan,” ujarnya.

Anggota DPR RI Hi Herson Mayulu SIP, juga menyampaikan ucapan terika kasih atas kunjungan Pjs Gubernur Sulut. ” Saya atas nama rakyat Bolsel merasa bangga dan bersyukur atas kedatangan pjs Gubernur Sulut,” ucapnya.

Selain itu, Hi Herson Mayulu SIP mengharapkan agar persoalan tapal batas antara Bolaang Mongondow dan Bolsel akan segera selesai serta BMR dijadikan Propinsi dengan dukungan Pjs Gubernur.

“Ada komplain dari Bolmong Induk soal tapal batas yang mana permendagri sudah keluar dan sudah ditentukan titik koordinat namun digugat karna titik koordinat salah. Namun, kami masyarakat bolmong selatan akan mempertahankan batas tersebut, dan memohon batuan Pjs Gubernur jika kembali kemendagri untuk memperhatikan tapal batas ini agar tidak terjadi ekses-ekses yang tidak baik di kemudian hari serta dukungan agar BMR dijadikan Propinsi,” tegasnya.

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni saat menyampaikan sambutan, mengungkapkan beberapa hal.

“Saya merasa bangga saya merasa tersanjung dan merasa senang karena seperti berada dikeluarga sendiri di tengah-tengah masyarakat bolsel,” katanya.

Dia pun menyampaikan rasa syukur karena dapat berkunjung di Bolsel dan bertemu sejumlah tokoh penting daerah paling selatan di BMR itu.

“Saya sangat berterima kasih bersyukur karena sudah banyak hikmah dan nikmat menjadi bagian dari masyarakat dan pemerintahan sulawesi utara serta bersyukur sudah banyak hikmah,” katanya.

Dilanjutkannya, sulut menjadi daerah nomor 3 tingkat kebahagian diseluruh Indonesia. Ini semua kata Fatoni, prestasi yang diraih semua pihak.

“Maka, kalau ingin bahagia datanglah di sulut. Sulawesi utara menunjukan daerah yang sangat indah, membuat betah dan eksotik,” terangnya.

Dia juga menekankan agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Apalagi kondisi saat ini, di seluruh dunia mengalami musibah yang sama yakni pandemi covid-19.

“Mari kita jadikan momentum pilkada ini untuk bisa menekan penyebaran covid-19, karena dengan APD berupa masker banyak dibagikan oleh pihak tim kampanye, ini semua membuat masyarakat semakin sadar atas kesehatan,” terangnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat agar memilih pemimpin yang berkualitas, terbaik, tepat dan bisa diandalakan, pemimpin yang bisa mempunyai akses membawa kemajuan daerah dan mensejahterakan rakyat.

“Saya sebagai Pjs Gubernur yang nanti juga akan bertugas di kementerian dalam negeri, saya akan mendukung penuh pemekaran bolaang mongondow raya menjadi satu provinsi,” ucapnya

Fatoni menambahkan, dia diijinkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey membawa Ustadz Yusuf Mansur, serta berkomitmen berasama Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, membangun Pondok Pesantren Tahfiz di Bolaang Mongondow Raya. (Kominfo/R1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *